#SKEFO: Demam Rematik

oleh - Mei 28, 2016


Saat itu, gue bingung dengan apa yang terjadi dengan badan gue. Tiba-tiba abis gue pulang dari Bogor, badan gue sakit semua. Jantung gue juga berdebar-debar, padahal gue lagi gak merasakan jatuh cinta. Gue lemes banget setelah itu. Beberapa hari kemudian, emak gue menyarankan buat ke periksa ke dokter yang membuka praktek  di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.
Besoknya, gue dan emak gue langsung cus ke rumah sakit tersebut. Kami ke sana tepat jam 6 sore, setelah selesai shalat Maghrib. Di jalan, gue gak berhenti-henti berpikir diagnosis apa yang nantinya bakalan dikasih dokter buat gue. Gimana kalo gue beneran kena penyakit tifus yang emang lagi musim saat itu?. Gue terus berpikir hal yang gak-gak, gue takut sendiri kalo misalnya gue kenapa-kenapa.
Sampe di rumah sakit, tentunya kami gak langsung ketemu sama sang dokter yang katanya paling di hormati di rumah sakit itu. Ya, gue denger kabar kalo dokter itulah si empunya rumah sakitnya. Kami harus daftar dulu, dan nunggu si dokter turun karena dia lagi visit ke kamar-kamar pasien yang ada di lantai dua ke atas.
Dua jam kami menunggu, akhirnya si dokter datang juga. Si dokter datang dengan selusin anak koas yang mengawalnya. Disitulah gue percaya kalo beliau adalah dokter yang paling dihormati di rumah sakit itu. Sebelum masuk ke ruang dokter, salah satu suster pribadi dokter itu menghampiri gue dan emak gue yang lagi nunggu.
"Saya kasih tahu ya, kalo Prof (julukan buat dokter kepala itu) itu meriksa pasien harus dibuka bajunya. Maklum aja, ya, beliau udah tua. Saya aja udah 25 tahun jadi susternya.. ", Yaa.. fakta yang udah gue ketahui sebelumnya karena Bude gue emang udah ngasih tahu duluan sebelum berobat. Demi sembuh  gue rela deh, diperiksa dengan cara apapun..
Nama gue pun dipanggil, saatnya masuk. Dokter langsung mengajukan pertanyaan secara detail begitu gue dan emak gue menghempaskan bokong di kursi yang ada tepat di depannya. Setelah semua pertanyaan gue jawab, tibalah saat pemeriksaan dimana gue harus buka semua baju atasan gue. Apapun itu. Gue percaya sama dokter ini. Karena niatnya kan emang udah baek, mo nolongin gue supaya sembuh. Dan setelah pemeriksaan dokter menyarankan gue buat melakukan pemeriksaan lanjutan berupa: Tes darah, mamografi, dan rekam otak.
Gue dan emak segera tes darah dan mamografi setelah selesai menemui dokter sambil berharap kagak ada yang salah sama gue. Setelah selesai mamografi dan tes darah, seorang suster ngingetin gue buat shampoo-an pake shampoo bayi buat rekam otak.
Esoknya gue ngelakuin apa yang disuruh suster. Abis itu, sorenya langsung ke rumah sakit lagi buat rekam otak. Setelah semuanya selesai, besoknya gue dan emak gue disuruh balik lagi buat mastiin penyakit apa yang ada di badan gue.
Besoknya, dokter bilang kalo gue punya penyakit demam rematik, karena punya kadar ASTO (gue lupa kepanjangannya apa, tapi yabg jelas, kadar ASTO yang tinggi bisa mengidentifikasikan adanya penyakit demam rematik) yang tinggi (melebihi 200) . Penyakit ini emang jarang banget bahkan gak pernah gue denger. Kata dokter, penyakit ini ada gegara infeksi bakteri streptococcus yang ada di kerongkongan. Penyakit ini bisa disembuhin, dengan syarat si pasien harus bed rest dan gak boleh capek-capek.
Yaa.. dan semenjak hari itu, gue bener-bener langsung ngejaga pola hidup gue biar gak kecapekan. Dan sampe sekarang, gue lebih banyak nongkrong dirumah meskipun bosen, karena terpaksa juga. Hehehe.. Dan karena penyakit ini juga, gue pulang kampung lebih cepat. Di kala temen-temen gue pada kuliah, gue udah di kampung.. XD. Berkat penyakit ini tentunya..

Baca Juga

2 komentar

  1. Balasan
    1. Hai, waktu itu kurang lebih selama 6 bulan baru bisa sembuh. Itu juga berkat bantuan ngobrol sama saudara-saudara. Jadi stressnya bisa berkurang deh, hehehe.

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥