Masalah Komunikasi pada Introver

oleh - Juli 06, 2018

Masalah komunikasi introver.
[PINTEREST.COM]

Secara nama, manusia memang hanya satu. Namun, meski punya wujud yang sama, setiap manusia punya cara komunikasi yang beda-beda. Terlebih lagi dengan bantuan teknologi yang makin berkembang pesat. Kemampuan komunikasi manusia juga berkembang mengikuti pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.
Dikutip dari Bustle, introver kenyataannya memang punya cara komunikasi yang berbeda dari ekstrover. Ektrover cenderung lebih cepat merespon 'penghargaan' dari orang lain ketimbang ektrover. Selain itu, introver juga lebih suka memproses semuanya secara internal, dengan bantuan diri sendiri. Makanya, banyak dari mereka yang menyukai kesunyian dan kesendirian.

Dalam hidup gue, masalah komunikasi merupakan masalah yang paling banyak terjadi. Waktu dulu, banyak diantara teman-teman kelas gue yang berpikiran kalau gue ini adalah orang  yang sulit didekati. Saat diajak bercanda, gak jarang gue bakalan kasih respon dingin ke mereka. Padahal sih, nyatanya dalam hati, gue hanya merasa belum 'cocok' sama mereka. Karena gue merasa diri gue 'beda'. Terutama dari cara komunikasi.
Karena punya masalah komunikasi, gue pun agak sulit saat diajak kerja sama. Saat gue gak diajak, gue akan merasa kayak 'everything will be okay, even without me'. Tapi nyatanya gak. Gak ada yang lebih baik saat gue gak ikut bekerjasama. Maka benarlah kata seseorang. Manusia itu punya peranannya masing-masing di dunia ini, dan peran itu gak bisa digantikan oleh siapapun.

Sampai sekarang, gue pun masih terus belajar

Pada hakikatnya manusia itu selalu berkomunikasi. Meski diam itu termasuk berkomunikasi (ini seriusan loh, diam itu termasuk bentuk komunikasi non-verbal). Kita tetap perlu 'bicara'. Biar orang lain 'paham' dan 'mengerti', bukan cuma tahu aja.

Masalah komunikasi yang terjadi pada introver

Berikut ini masalah yang biasa dialami introver menurut pengamatan dan pengalaman gue:

Lebih suka SMS ketimbang telefon
Bagi kita yang introver menulis pesan ke orang lain jauh lebih melegakan ketimbang saat harus menerima atau menelfon seseorang. Hal ini karena introver memang cenderung sedikit bicara, kecuali sama orang-orang yang terdekat. Selain itu, saat menelpon, kita yang introver mungkin agak kesulitan untuk membayangkan gimana seharusnya kita bersikap. Terutama pas lagi ada konflik. Sehingga banyak dari kita yang milih jalan amannya aja deh, kalo gak SMS, yaaa.. ketemu langsung!. Hehehe.

Sulit buat berkata 'tidak'
Perasaan introver yang cenderung sensitif gak jarang membuatnya lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Contohnya, saat ada yang minta tolong. Mereka bisa langsung dengan cepat membantu. Kesensitifan ini juga yang bikin mereka sulit banget buat bilang 'tidak' untuk sesuatu. Gak jarang, ini juga bikin introver agak sulit untuk diajak berkomunikasi. Karena mereka bisa aja bilang 'iya' padahal dalam hati, mereka males buat membantu. Berkat hal ini juga, banyak yang menilai kalau introver itu plin-plan.

Perkataan yang sulit dipahami
Introver yang memanggak banyak ngomong. Tapi siapa sangka kalau kata-kata yang kita ucapkan ini kadang gak dipahami sama orang banyak. Iya kan, introver?. Kalau ini penyebabnya ada banyak banget. Karena kita emang suka ngomong pake kata yang jarang dipahami orang. Atau karena kita terlalu banyak mikir sehingga jadi grogi pas mencoba buat ngomong. Bisa juga karena suara atau artikulasi kita yang kurang jelas sehingga orang kurang paham sama yang kita bilang.

Penyebab masalah komunikasi introver

Adapun penyebab terjadinya masalah komunikasi pada introver ialah:

Lingkungan
Sampai sekarang, lingkungan masih seringkali dituduh sebagai salah satu faktor kepribadian manusia dan makhluk lain. Hal ini karena lewat lingkungan, makhluk hidup bisa belajar berinteraksi, berkomunikasi dan lainnya. Lingkungan yang terkesan sulit untuk menerima seorang gadis tentunya bakalan membuat gadis itu lebih sulit bilang apa yang ada dipikirannya. Bandingkan kalau lingkungannya adalah orang yang ramah, ceriwis dan suka bertukar pikiran. Si gadis bakal lebih gampang menyampaikan pikirannya tanpa rasa takut. Karena semua orang dilingkungannya siap menerima pikiran yang ingin dia bagikan.

Rasa minder dan kurang percaya diri
Rasa minder yang muncul pada introver biasanya punya banyak pemicu. Misalnya karena mereka merasa dirinya gak berguna atau gak begitu populer di lingkungan. Sehingga dia takut untuk menyampaikan pendapatnya. Biasanya, semakin menumpuk rasa minder ini, maka seorang introver akan semakin sulit untuk berkomunikasi dengan lingkungan luas. Maknya, untuk mengatasi perasaan minder ini, introver butuh dukungan dari lingkungan ataupun mengafirmasi (memotivasi diri dengan pikiran positif) dirinya sendiri.

Pengalaman pahit di masa lalu
Pernah denger bukan kalau pengalaman itu guru terbaik. Untuk itu sebaiknya kita jangan pernah sepelekan masa lalu, terutama masa lalu yang kelam. Semua kenangan masa lalu dapat mempengaruhi sifat hingga ketahanan mental kita loh. Hal ini berkaitan dengan sebuah artikel yang gue simpulkan dari thecoversations.com bahwa orang yang memiliki pengalaman buruk dan pahit di masa kecilnya akan mengalami kesehatan mental yang buruk saat telah tumbuh menjadi dewasa.

Menghadapi permasalahan komunikasi

Ini dia nih, cara untuk menghadapi masalah komunikasi buat kita yang introver!:

Persiapkan diri
Saat mau mulai berkomunikasi sama orang, akankah lebih baikk kalau kita yang introver ini melakukan persiapan terlebih dahulu. Gak sedikit introver yang punya prinsip berpikir dulu sebelum bertindak Nah, maka sebelum komunikasi akan lebih baik kalau kita berpikir panjang dulu. Memikirkan kalau yang mau kita komunikasikan itu bermanfaat atau gak, dan dampak yang akan terjadi di masa depan kalau kita mengkomunikasikannya. Hal ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan masalah yang bisa aja terjadi di masa depan. Kalau misal kita harus berkomunikasi di depan publik, ada baiknya juga kalau kita belajar ngomong. Biar nantinya apa yang kita komunikasikan tersampaikan dengan baik.

Raih perhatian
Meraih perhatian mungkin rada sulit untuk kita yang introver, ya. Apalagi meraih perhatian orang banyak. Emang sih, kita gak perlu pake baju yang super heboh biar semua orang tahu kalo kita ada di dunia ini. Tapi emang bukan itu sih yang dimaksud. Meraih perhatian saat kita berkomunikasi ini dapat kita lakukan dengan hal-hal kecil. Kayak memperhatikan dengan baik pas mereka bicara. Dengan begitu mungkin orang yang kita perhatikan itu akan ngerasa kalau kita itu mempesona juga patut dikasih perhatian. Hal ini bisa juga kita lakukan dengan bersuara keras, menyampaikan pesan dengan jelas, dan lain-lain.

(Coba) katakan dengan jujur
Berkomunikasi dengan jujur dari hati mungkin hal yang tepat untuk dilakukan. Karena orang lain akan lebih bisa mengerti dan paham sama yang kita pikirkan dan juga rasakan. Tapi, kembali lagi, dalam jujur kita juga harus hati-hati. Terutama dalam menjaga perasaan orang yang kita ajak berkomunikasi. Gak mungkin kan kita terang-terangan  memaki, bilang kalau kita gak suka sama atasan kita?. Bisa-bisa karir kita hancur, karena dinilai punya etiket yang buruk. Makanya, kejujuran iini adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam melakukan komunikasi.

Ulangi sekali lagi
Nah, jika kita udah ngelakuin semua poin diatas, yang perlu kita lakuin adalah mengulanginya sekali lagi. Emang sih, gak semua komunikasi kita lakuin ke seorang aja. Ada saat-saat di mana kita harus mengulanginya. Hal ini mungkin bakal jadi kelemahan beberapa introver. Tapi tenang, dalam melakukan pengulangan ini, kita gak perlu mengulangi pesan secara sama persis, kok. Ingat, yang terpenting adalah pesan kita tersampaikan dan orang lain paham mengenai apa yang kita rasakan dan pikirkan. 

Kesimpulan

Bagi introver, masalah komunikasi yang terjadi dalam hidup itu bejibun banget. Introver yang lebih suka menyendiri gak pernah lepas dari kemungkinan salah paham dari banyak orang. Penyebab masalah komunikasi ini juga beragam. Tapi ada banyak hal yang kita lakukan agar kita bisa menyelesaikan semua masalah itu. Meski sering punya masalah komunikasi, kita yang introver tentunya harus tetap percaya diri ya untuk menjadi diri sendiri. Karena menjadi introver adalah anugerah Tuhan yang terindah buat kita. Let's enjoy our life as introverts!.

Sumber:

  • https://www.bustle.com/p/7-differences-in-the-way-introverts-extroverts-communicate-60756
  • https://introvertspring.com/3-essential-introvert-communication-tips/
  • http://theconversation.com/how-childhood-trauma-can-affect-mental-and-physical-health-into-adulthood-77149

Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥