#SKEFO: Ilmu Komunikasi

oleh - April 06, 2016





Seperti halnya jika elo-elo semua ngambil jurusan kuliah lain, guepun sebagai mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi juga sering di tanyakan banyak hal ataupun di judge perihal jurusan kuliah gue.
Yaa.. bagaimanapun juga nama jurusan mempengaruhi persepsi orang, kan?.
Suatu hari saat ke Rumah Sakit (waktu itu gue lagi mau dirawat), gue menemui seorang pegawai Rumah Sakit (bukan suster). Kira-kira begini percakapan segitiga antara gue, emak gue, dan P (nama disamarkan, tapi tenang aja, mukanya kagak).

P: Sakit apa?
Emak: Maag akut (karena strees, gue kena maag akut)
P: Umurnya berapa?
Emak: 18 tahun
P: Kuliah apa sekolah?
Gue: Kuliah
P: Ohh.. 'ngambil' apa?
Gue: Ilmu Komunikasi
P: Wuaahhh.. pinter nge-lobby sama ngomong depan orang dong yaa?..
Gue: Ehehehe.. (Laahh, baru juga semester dua gue! 0_0)

Gue jadi heran deh, kenapa sih SEMUA anak Ilkom (Ilmu Komunikasi loh, yaa..) sering di cap sebagai orang yang pinter nge-lobby?. Padahal yang pinter nge-lobby itu cuma anak Public Relation, atau bahasa Jawa-nya Humas. Okelah, Humas itu masuk ke Komunikasi juga, tapi lebih spesifik dan sempit, sedangkan Komunikasi itu luas cakupannya. Ibarat lo ngambil Jurusan Kedokteran terus milih spesialisasi gigi, gitulah kalo dari Komunikasi ke PR.
Jujur, gue bangga banget masuk Jurusan Ilmu Komunikasi. Karena baru-baru ini, tercatat bahwa Ilmu Komunikasi itu masuk jurusan terfavorit ketiga di Indonesia, setelah Kedokteran dan Hukum. Di prediksi, ke depannya bakal terus meningkat, nih!.
Hmm.. mengenai susah senangnya masuk Jurusan komunikasi sih, banyak banget. Kalo dijabarkan mungkin kayak gini:

Di jurusan Ilmu Komukasi gue dididik buat belajar komunikasi lewat 3 cara: lewat suara (bicara), virtual (tulisan atau gambar) dan audio visual (misalnya ngomong langsung sambil pake alat peraga). Selain itu juga gue dibimbing mengenai dasar-dasar komunikasi seperti teori, persepsi, simbol, bentuk komunikasi, de-el-el.. So, buat kalian yang pendiam dan suka isin-isin meong kalo ngomong di depan umum, gak usah khawatir, kan bisa ngomong lewat telepati, eh, maksudnya tulisan, ding. Huehehe..


Ilmu Komunikasi itu kalo di kampus gue dibagi jadi 6 bidang: Humas, Komunikasi Massa, Seni Pertunjukan, Pemasaran, Periklanan, sama Hubungan Internasional (HI). Gue sih milih Komunikasi Massa! :D.


Tugas teori di Ilmu Komunikasi setara sama tugas prakteknya. Jadi yaa.. gitu deh. Kalo kata Mas Kevin Anggara, tugasnya bener-bener ngerjain lo banget!.


Jurusan Ilmu Komunikasi itu bisa dikatakan gado-gado. Karena yang dipelajarin bukan cuma perihal komunikasi aja. Merangkai kata, kalimat, bahkan desain pun ada di jurusan ini.


Yaa.. Ilmu Komunikasi juga jurusan kuliah biasa. Ancaman monster bernama latin dosen killer tentunya akan selalu ada.


Gue rasa hanya sekian yang mampu gue katakan tentang jurusan kuliah gue ke kalian semua. Mengingat gue juga masih semester dua, jadi gue belum bisa menjelaskan jurusan gue dengan wuah. Sekali lagi, anak Komunikasi itu gak semuanya pinter nge-lobby. Kami di didik buat jadi komunikator yang bisa berkomunikasi lewat apa aja (ehem.. oke, kecuali telepati, karena kami bukan peramal -_- ). Ciao!.

Baca Juga

4 komentar

  1. Lanjutin dong, masib butub pencerahan nihh tentang jurusan ilkom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih udah berkunjung. Mungkin jurusan Ilmu Komunikasi bakalan dibahas di entri selanjutnya. Keep up to date ya :)

      Hapus
  2. wah makasih kak, lega banget bacanya. saya jujur tertarik masuk jurusan ini karena saya senang menulis, sayangnya saya introvert akut hehe. kak kalau boleh tahu apa saja yang dipelajari di komunikasi massa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, sama-sama. Semoga bermanfaat ya :). Di Komunikasi Massa kami banyak belajar soal proses produksi konten-konten media massa. Kayak caranya bikin berita, bikin siaran radio bahkan sampai bikin acara live untuk TV. Selain itu bakal banyak juga tugas-tugas yang ngelatih kemampuan kerja sama kita.

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥