Rasanya Jadi Content Wiriter: A Life Update

oleh - November 09, 2023

Jadi SEO Content Writer
[PEXEL.COM]

Kira-kira udah lebih dari setahun gue gak main ke blog lama ini. Begitu ngeliat semua posting yang ada di blog ini, rasanya flashback banget. Rasanya gak percaya kalo kegiatan yang dulu gue lakuin buat kegiatan luang, kini justru jadi pekerjaan sehari-hari yang gue lakuin buat menghidupi diri sendiri. 

Kalo dulu gue cuma nulis blog asal-asalan, sekarang di pekerjaan gue dituntut buat jadi lebih terarah. Di mana tiap nulis harus ada minimal kata. Belum lagi gue harus memahami format khusus perusahaan (tiap perusahaan biasanya beda-beda) dan keyword utama yang gue sampaikan dari tulisan gue. 

Semuanya makin asyik ketika gue dihadapkan dengan beragam tantangan yang berkaitan dengan pekerjaan ini. Hal itu bernama SEO (Search Engine Optimation) tools, alias alat-alat yang digunakan buat optimasi mesin pencari. Hal yang bikin gue struggle saat mempelajarinya adalah selain punya banyak fitur, alat ini punya banyak jenis. Saking banyaknya gue suka bingung sendiri walaupun pada akhirnya gue milih yang gratis aja untuk sekarang, hehehe. 

Tentunya, sampe sekarang, setelah kira-kira hampir 2 tahun gue mendalami bidang ini, masih ada banyak banget hal yang harus gue explore lebih. 

Tapi yang terpenting gue juga belajar kalo content writer bukan cuma profesi. Tapi juga tantangan, sama kayak pekerjaan lain. 

Yang Dipelajari Setelah Jadi Content Writer

Setelah berhasil menghadapi tantangan di kerjaan ini, gue belajar banyak hal. Di antaranya: 

Lebih paham kalo content writing itu gak cuma nulis
Jujur aja, awal gue tahu kerjaan ini, gue pikir kerjaan ini cuma 'nulis' doang. Tentu aja gue menyimpulkan karena ada embel-embel kata 'writer' di sana.

Ternyata content writing itu artinya tulisan harus ORIGINAL dan gampang dibaca. Selain itu, kita harus mau belajar ngotak-ngatik CMS (content management system atau gampangnya tempat kita nulis konten). 

Mengasah kemampuan analisis
Setahun yang lalu, waktu masih magang, gue banyak belajar kalo jadi content writer itu sama dengan belajar kemapuan analisis. Gue dilatih buat terbiasa ngeliat data, dan grafik.

Jujur aja, di masa ini gue banyak ngalamain stuggle karena banyak yang gue gak ngerti. Tapi kesininya gue paham, kalo ngomongin konten tuh pasti gak jauh-jauh dari analisis. Setiap konten yang ada selalu ada analisis dan insight di baliknya.

Riset itu SEGALANYA
Riset dan analisis itu saudara kembar. Makanya penting banget buat riset untuk bikin konten, nih. 

Buat ngejalanin pekerjaan ini, biasanya gue selalu riset ide bahan tulisan dulu. Selain buat nambah kedalaman materi konten, biasanya riset ini biasanya penting banget pas nentuin keyword
Mengingat keyword ini bakalan ngaruh di posisi mesin pencari. 

Jangan pernah remehin SEO Tools dan embel-embelnya
Butuh waktu lama buat gue untuk ngerti hal ini. Jujur aja, kadang ada masanya gue bosan pake tools ini. 

Tapi gimana ya, ternyata SEO tools tetep penting biar konten yg ditulis makin optimal. Gue sendiri paling suka sama tools ini karena bisa ngebantu kita buat benerin stuktur tulisan. Bahkan tools ini juga bisa kasih tau apa aja yang kurang dari tulisan. 
Karena mempermudah kerjaan content writertools ini perlu banget buat dipake dan wajib ada. 

Selain itu, gue belajar kalo ternyata ada banyak elemen SEO lain yang perlu dikulik. Kayak page speed, keyword difficulty, domain rating sampe jumlah backlink


Skill yang Harus Dimiliki Content Writer

Selain beberapa hal diatas, gue makin sadar kalo kerjaan ini juga butuh skill awal yang ngebantu banget buat belajar. Skill-skill itu adalah:

1. Mau belajar. Dalam belajar apapun, percuma kalo kita gak ada keinginan. Sama kayak kerjaan ini, kita butuh rasa ingin tahu. 

2. Skill nulis dasar. Jujur aja, ini NGEBANTU banget. Minimal kita paham format tulisan artikel dan bisa ngebedain judul serta sub judul. Kalo udah paham ke sananya gak sulit lagi. 

3. Bisa baca data (walaupun dikit-dikit). Sebenernya sih ini gak wajib-wajib amat. Tapi pasti ngebantu banget pas lagi audit konten. Soalnya setahu gue, saat audit konten kita perlu liat banyak data. Jadi di situ lah skill ini diuji. 

4. Kreatif. Menurut gue, skill ini sih yang paling penting banget. Soalnya pas nulis, kita bakal menghadapi dilema pas milih materi yang kita masukin di tulisan kita. Kalo kita kreatif, pasti kita selalu punya cara biar konten kita punya ciri khas dan beda sama yang lain, dong. 


Kesan Selama Jadi SEO Content Writer

Jadi content writer ternyata emang seseru itu. Kalo menurut gue, rasanya persis banget sih kayak jadi blogger. Bedanya kalo jadi content writer, kita beneran harus paham branding dari perusahaan kita. 

Lain halnya kalo kita nulis blog sendiri. Selebihnya, gue rasa tools yang dipake juga gak jauh beda, sih. Cuma kalo pekerjaan gue yang sekarang lebih ke SEO aja karena memang posisi gue SEO content writer

Jadi bukan content writer secara umum yang bener-bener nulis konten lain juga. Kayak konten sosmed atau video TikTok misalnya. 
Gara-gara pekerjaan ini, gue juga belajar kalo semua hal yang mau dilakukan secara memang optimal butuh modal. Tapi kalo belum punya, kita harus kreatif buat gunain alternatif lain. 

Ini persis banget sama yang orang-orang sering bilang juga, kalo kehidupan itu bertahap. Berkat pekerjaan ini secara gak langsung gue juga belajar lebih teliti dan harus lebih sabar lagi. 

Kesimpulan

Setelah masuk dunia pekerjaan, cara gue memandang hidup jadi beda banget! Hehe. Ada banyak hal yang gue pelajari di sana. Mulai dari gue jadi tahu kalo content writer ini gak cuma nulis; belajar riset; belajar analisis; dan SEO tools
Selain itu ada bebeberapa skill juga yang lumayan dipakai di pekerjaan ini. Mulai dari dasar menulis, mau belajar, bisa baca data sampai kreatif. 

Karena pekerjaan ini seru, sejauh ini gue enjoy banget karena bisa belajar banyak soal kehidupan. 
Menariknya lagi, zaman sekarang kerjaan ini juga bisa banget ditekuni sama siapa aja. Soalnya kita hidup di zaman konten, di mana kita bisa dapet dan berbagi informasi dengan mudah. 

Maka gue bakal dengan bahagia bikin kesimpulan besar buat pekerjaan gue: semuanya bakal lebih bahagia kalo kita melakukannya dengan sepenuh hati. 

Buat kalian para introver di manapun kalian berada, moga kalian juga ngerasain hal yang sama juga, ya :)

Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥