Magang Sambil Skripsi?, Ayo Aja!

oleh - Desember 05, 2019

Belajar kerja
[PINTEREST.COM]

Hari itu, gue pandangi kalender. Sambil meratapi waktu yang gak mempedulikan. Dia semakin berjalan maju. Bikin gue semakin was-was. Bukan cuma perihal tugas akhir, tapi juga soal magang. Di kampus gue, magang dan skripsi idealnya dilakukan bersamaan di satu semester. 

Otak gue masih pusing, terngiang soal skripsi yang masih gue cicil secara super perlahan (gue mah gitu orangnya). Sementara ortu gue terus-terusan nanya kabar magang. 

"Kapan kamu magang?. Nanti telat, masalah lagi nilai kamu."

Mereka kurang paham, kalo gue juga pusing. Begini saja udah bikin kepala gue mau meledak rasanya. Ketar-ketir itu gue rasakan sampai di bulan dimana deadline buat magang harus dipenuhi. Bayangin ya, setiap gue pulang dan pergi, di kereta gue selalu berdoa. Moga cepet dapet magang. Biar kewajiban juga bisa cepat selesai. Bahkan kadang sampai nangis-nangisan karena gak tau harus apa lagi biar dapet magang. 

Secara, bikin profil dan ngelengkapinnya di situs cari kerja udah. Bikin CV udah. Ngirimnya juga udah. Namun panggilan gak kunjung datang. Kira-kira selama sebulan lebih gue mengalami 'penggantungan' itu.

Sampai, beberapa waktu kemudian temen gue ngajak jalan. Di sana baru kami ngobrol, soal tempat magangnya. Hari itu juga gue kirimkan CV buat kesekian kalinya. Waktu itu hari Jumat, di mana jam kerja orang sudah hampir selesai. 

Ajaib, hari Seninnya, gue dipanggil dong. Disuruh wawancara. Gue datang ke tempat yang gue impikan, SCTV Tower. Gue pun melakukan wawancara. Rasa nervous menjalar sampai ubun-ubun. Tapi entah kenapa, gue merasa begitu tenang. Seolah dapat bisikan, "tenang, bakalan diterima, kok". 

Esok harinya, kali pertama gue hirup udara pagi yang segar sebagai anak magang. 

Akhirnya, penantian itu dijawab sama Tuhan Yang Maha Esa. Dengan begitu, gue udah berhak buat menapaki lantai-lantai kantor. Ngelongok ke jendela super gede yang menyajikan pemandangan indahnya Jakarta. Merasakan dinginnya AC. Sampe bercumbu sama meja kantor. Ah, senangnya hati!. 

Tanggung Jawab Saat Kerja
Gue ditempatkan sebagai anak magang divisi marketing di salah satu anak perusahaan SCM Media. Namanya Indonesia Entertainment Group. Gue bertugas buat jadi admin Instagram dari akun @championstv.ieg. Berikut tanggung jawab yang harus gue emban selama jadi anak magang: 

1. Crosscheck konten yang bakal diunggah. Typo atau salah ketik adalah hal yang paling tabu. 

2. Bekerjasama dengan anak desain mengenai konten. Misal ada warna yang kurang cocok, gue bantu buat ngusulin pilihan warna lain. 

3. Membalas komentar dan DM nitizen +62 yang budiman. Mau hujatan atau pujian, gue jawab satu persatu semampunya.

4. Ikut berpartisipasi dalam perencanaan konten selanjutnya. Tentunya bareng anak-anak divisi medsos lain.

Daftar Pengalaman Yang Gue Rasakan Sejauh Ini
Berikut ini daftar pengalaman yang gue rasakan saat magang:

1. Akhirnya tahu rasanya ngerjain sesuatu yang berharga, gak peduli bakal dinilai orang lain atau gak.

2. Belajar buat meningkatkan kemampuan interpersonal dan koordinasi. 

3. Belajar mengemukakan pendapat.

4.  Ngerasain dimarahin sama atasan dan berusaha buat tetap tenang karenanya. 

5. Dapet teman dan jaringan baru. 

6. Belajar untuk lebih fokus pada tanggung jawab yang sudah dipercayakan ke gue. 

7. Belajar membagi waktu dan pikiran antara kuliah, skripsi dan magang. 

Kalau kata orang kerja itu perang yang lagi dihadapi, maka magang itu saat dimana kita mebghunus pedang. Kita asah pedangnya sampai tajam. Beradaptasi sama lingkungan kantor dan juga tanggung jawab. Gitu-gitu deh. 

Tips Magang di Sela Lagi Skripsian

Ini dia tips-tips magang saat lagi skripsian a la gue, introver: 

1. Sinkronkan prioritas dan apa yang lagi di kerjakan. Misal, saat lagi kerja, lakuin hal yang menjadi kerjaan dulu. Baru setelahnya kerjakan prioritas lain. Skripsian misal. 

2. Meski sedikit, cobalah pikirkan apa yang harus dirombak dari skripsi saat lagi magang. Setidaknya, biar ingat kalau ada naskah yang setia menanti buat diselesaikan. 

3. Tulis to-do list di notes. Untuk memastikan tugas mana yangbsudah dan belum dikerjakan. 

4. Kalau ada waktu buat bimbingan sama dospem, ambil aja. Izin pulang cepat gak masalah, kok. Yaaa, meskipun setelah itu naskah masih belum terisi. Seenggaknya kita tahu bagian mana yang perlu dipirkan lebih matang. 

5. Melakukan hal yang menyenangkan saat bosan sama semuanya. Misal main game sambil denger musik. 

6. Buat komitmen sama diri sendiri, soal kapan ngumpulin naskah, kapan selesai magang dan juga kapan lulus. 

7. Temukan motivasi di manapun. 

8. Minum vitamin untuk menjaga daya tahan. Biar kuat menghadapi kehidupan ini!. 

9. Istirahat yang cukup, minum air putih, makan teratur. 

Kesimpulan

Magang sambil skripsi rasanya mungkin begitu berat. Pada titik ini bakal banyak tekanan dan juga drama yang ada. Namun, pada titik ini kita sendiri yang harus menentukan nih, introver. Mau kalah atau menang secara terhormat dalam permainan hidup ini. Good luck for your internship!

Baca Juga

2 komentar

  1. Makasi atas sharingnya, bener-bener yang aku butuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih udah berkunjung. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥