Introver?, Yuk tetap bugar dengan yoga!

oleh - Maret 15, 2018

Kita yang introver, terkenal suka banget menghabiskan waktu di rumah atau tempat yang tenang lainnya. Tipe kepribadian yang kalem, bikin kita dikenal sebagai orang yang pasif. Yang kurang beraktifitas dan bergerak.  Sebagai pemikir, tentu kita juga butuh aktifitas fisik untuk mengurangi tekanan dan beban pikiran.
Belakangan, ada olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat dari segala kalangan. Olahraga ini berasal dari India. Ya, yoga. Menurut gue, olahraga ini merupakan olahraga yang bisa dicoba buat kita yang introver. Karena selain olahraga ini bisa dilakuin di mana aja, yoga juga bisa meningkatkan spiritualitas kita. Mirip-mirip kayak meditasi gitu, deh.
Sebenanarnya, gue udah kenal olahraga ini sejak SD dulu. Namun, gue baru mulai tertarik buat mencobanya setelah nonton film Kungfu Yoga. Film yang dibintangi Jackie Chan itu tayang di tahun lalu. Di film itu ditanyangkan keindahan dan kelenturan badan wanita India.

Hal itu lah yang bikin yoga menarik bagi gue. 

Gue pun mulai nyoba browsing tentang yoga. Sambil sedikit-sedikit nyobain pose-pose yang mudah. Baru sehari mencoba, gue langsung ngerasain kalo badan gue lebih lentur. Selain itu, ada banyak alasan lagi kenapa yoga patut dicoba buat introver.

Yoga bisa lebih menyatukan kita dengan alam 

Introver adalah tipe yang perhatian dengan segala hal yang ada di sekitarnya. Nah, yoga ini ngebantu kita buat lebih mengenal tentang ciptaan Tuhan yang ada di alam, kita juga bisa lebih mengenal siapa diri kita sebenanarnya. Bahkan, kita juga bisa merefleksikan diri. Hal ini karena dalam melakukan yoga kita dianjurkan buat meringankan pikiran dan juga menikmati alam, dimana pun kita berada. Keren banget, bukan?.

Yoga bisa jadi salah satu alasan kita buat keluar rumah

Yoga itu termasuk salah satu olahraga yang fleksibel. Kita bisa melakukannya kapan aja dan dimana aja selagi kita ada waktu. Mungkin, awalnya kita bakal mempelajarinya di rumah. Namun, begitu kita udah mulai mempelajarinya secara rutin, kita bakal tertantang untuk mencobanya di luar rumah. Di taman, di hutan, pantai, bahkan di atas gunung. Kalo udah begitu, siap-siap deh. Nagihnya yoga bisa jadi salah satu alasan kita buat keluar rumah!. 

Yoga bisa memperluas koneksi

Selain dilakukan sendiri, yoga juga bisa dilakukan rame-rame. Baik sama orang yang kita kenal, maupun sama orang yang kita belum kenal. Yoga bisa menghubungkan kita dengan orang lain, manfaat lainnya juga kita bisa meningkatkan kemampuan komunikasi. Hal ini tentunya bermanfaat banget buat kita yang dikenal sulit berkomunikasi dengan banyak orang. Luasnya koneksi ini juga bakal membuat kita semakin percaya diri.

Yoga dapat membantu penyembuhan penyakit 

Pose yoga banyak mengedepankan gerak, ketahanan dan juga pernafasan. Hal ini membuat yoga bisa jadi salah satu altenatif dalam pengobatan penyakit (klik disini). Banyak pakar dan ahli kesehatan yang menyarankan penderita penyakit tertentu untuk melakukan yoga. Manfaatnya, untuk mempercepat proses kesembuhan. Keren banget, ya.

Psst, ini dia tips yoga untuk pemula!

Banyaknya manfaat yoga memang menarik banget ya, buat kita yang introver. Bagi kita yang pemula, ada beberapa tips nih, buat memulai yoga! :

Mulai dari pose yang termudah

Saat belajar yoga, bayangkan kalo diri kita adalah seorang bayi yang gak ngerti apa-apa. Yang polos, kayak kertas tanpa coretan. Hal ini bertujuan biar nantinya kita belajar secara bertahap. Untuk itu, sebaiknya kita memulainya dengan mencari pose yoga yang termudah. Baik gambar ataupun video. Kita juga boleh banget lihat pose termudah dalam yoga disini

Lakukan secara teratur

Sama seperti olahraga lainnya, yoga lebih baik kita lakukan secara teratur. Gak harus setiap hari, yoga ini bisa dilakukan kapan aja kok. Lamanya yoga juga bisa kita atur sendiri. Misal dua kali dalam seminggu atau tiga kali dalam seminggu yang tiap sesinya 15 atau 30 menit juga gak masalah, kok. Karena, dalam seminggu waktu olahraga minimal yang kita perlukan adalah 30 menit.

Jangan terlalu memaksakan diri

Mungkin sebagian dari kita mempelajari yoga dari yogi yang terkenal lewat Youtube. Karena mereka sudah lentur, kita pun ikut-ikutan buat meniru posenya yang agak sulit. Bahkan sampai memaksa kan diri. Hal ini sebenarnya kurang baik bagi kita yang masih pemula. Karena dapat menyebabkan cedera bahkan trauma.

Lakukan ketika relaks 

Dalam melakukan yoga, kita membutuhkan suasana relaks agar lebih berasa. Hal ini bisa membantu kita lebih konsentrasi. Kita juga disarankan untuk melakukannya ketika perut sedang kosong. Yaitu sekitar 2-4 jam setelah makan.

Pakian dan alat

Dalam melakukan yoga, kita disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman. Yang gak menggangu kita untuk bernapas dan bergerak. Tentunya bukan pakaian yang ketat dan menyerap keringat. Selain itu, kita disarankan buat menggunakan alat bantu seperti yoga mat. Tenang aja, kalau belum punya, kita bisa menggantinya dengan karpet, kasur tipis, atau selimut kok. Asalkan bahannya gak licin, tentu aman buat kita.

Kesimpulan

Siapa pun kita, kesehatan dan kebugaran tentu kita perlukan. Salah satu cara buat mengembalikan kebugaran yaitu dengan olahraga yoga. Selain bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, yoga ini bisa dipelajari secara autodidak. Sehingga cocok banget buat kita yang introver, si pendiam dan kurang suka bergaul. Selain itu, yoga juga punya segudang manfaat. Introver yang 'pendiam' tetap bugar?. Tentunya bukan hal yang mustahil!.

Sumber:

  • https://www.yogiapproved.com/yoga/5-reasons-why-yoga-is-perfect-for-introverts/
  • https://www.elephantjournal.com/2013/06/yoga-introverts-lisa-avebury/
  • https://www.amazine.co/108/12-tips-mudah-dan-efektif-berlatih-yoga-bagi-pemula/

Baca Juga

4 komentar

  1. sebenernya Yoga ini menyenangkan ya, tapi kalau punya anak kecil mau cba2 Yoga yang ada kita dinaikin kek kuda T_T

    BalasHapus
  2. Iya, Mbak. Pas nyoba badan jadi lentur banget.. Enteng.. 😄
    Hehehe, iya, Mbak. Itu lucunya kalo udah punya anak kecil terus yoga. 😂

    BalasHapus
  3. Bisa belajar yoga secara otodidak ya? Aku lihat teman-teman yang yoga ikut semacam klub gitu. Ada jadwal rutinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Bisa belajar otodidak juga. Soal klub, yoga ini emang banyak kelasnya, Mbak. Mulai dari yang gratis sampai berbayar.. 😄

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥