#CUITCOBA: WaGoMu

oleh - Desember 28, 2017


Kembali lagi gua mengisi blog ini dengan celotehan absurd bin aneh disini. Kali ini, gua bakal coba menulis review. Alesannya, karena gua mulai bosan menulis tentang apa yang terjadi di hidup gua yang penuh jalan berlubang mirip jalanan deket pegunungan inii.. #halahmak
Buat review merupakan hal yang mungkin bagi gue menantang, sejak dulu gua pengen banget bikin tapi selalu males nyertain foto objek yang di-review.. *Zzzz. Nah, nah!. Sekarang , gua sedang mencoba buat melawan kemalasan gua. Oke, mari kita mulai cangcingcong soal WaGoMu, platform blog pertama asli Indonesia!.

Iseng-iseng saat itu, setelah gua membuka Ameba, gua cari platform blog Indonesia di Google. Awalnya, gua cuma mencari-cari platform blog bahasa Indonesia yang mirip kayak Ameba. Gua mulai pake Ameba lagi sejak kira-kira beberapa bulan yang lalu. Cuma, gua bermasalah sama bahasanya. Pake tulisan katakana, hiragana, dan kanji yang gak bisa gua baca semua (hanya sebagian). Emang sih, sebenernya guna banget biar gua bisa belajar bahasa Jepang. Tapi gua pengen mencoba mencari hal yang baru. Muncullah WaGoMu ini di Google. Setelah gua liat-liat, hmm.. sepertinya boleh juga nih buat ninggalin coretan absurd!. Langsung deh, beberapa menit kemudian gua daftar, konfirmasi juga sekalian. Blog baru gua pun resmi dibuat!.

First Impression
Begitu melihat Wagomu pada pandangan pertama, gue langsung jatuh cinta. Tampilan yang simpel banget dan juga apik, cocok banget buat para pemula. WaGoMu mengingatkan gue sama Ameba, salah satu situs blogging ternama di Jepang sana. Mungkin karena emang provider-nya Jepang juga, jadinya nyesuaiin style Jepang kali, ya.

Berikut ini tampilan WaGoMu dan perbandingannya sama Ameba.

Ameba:


Tampilan awal website Ameba. Keren ya, tapi sayang pake Bahasa Jepang doang. Hehehe...

Halaman loginnya~
Halaman Admin


Ini halaman buat pos baru.
Ini tampilan blog gue di Ameba. Unyu kan! :D




WaGoMu:
Halaman depan yang super simple.


Halaman loginnya, bo.
Ini halaman adminnya.
Halaman posnya masih lebih sederhana ketimbang Ameba.




Blog simple nan unyu gue di WaGoMu.

Gimana, sekilas mirip banget kan, guys!. Saking miripnya gue sampe berkhayal, mungkin masa depan WaGoMu di Indonesia bakal sama cerahnya kayak Ameba di Jepang. Kita doain aja, ya, moga-moga platform blog Indonesia ini bisa maju terus! ;) .

Satu lagi nih, persamaan yang menurut gue paling menonjol diantara kedua situs blog ini.

Halaman pengaturan template di Ameba.

Kalo ini di WaGomu.
Duuuhhh, mirip banget ya, udah kayak anak kembar. 11- 12 deh kayak pinang dibelah dua! (>v<) *gemes sendiri deh, Barbie.

Pengalaman
Awal gue menulis di WaGoMu ini seru banget. Karena apa yang gue pos bias langsung nongol di halaman utama. Ini memudahkan banget bagi pengguna yang baru masuk ke halaman awal. Selain itu, buat yang nulis blog juga bisa untung juga, karena jumlah pengunjungnya bias bertambah karena adanya fitur ini. Gak jauh beda juga sih, sama pengalaman gue di Ameba yang buatan Jepang. Kayaknya, gua bias bilang kalo WaGoMu ini bener-bener  Ameba-nya Indonesia! :D .
Udah gitu, halaman pengelolaan adminnya cocok banget bagi orang awam, gampang di pahami. Tapi untuk HTML-nya belum gua pelajari, mungkin kapan-kapan, hehehe *ngeles. Dan, tema-tema yang disediakan juga udah lumayan. Meski gak sebanyak kayak neneknya, Ameba (Penonton: Dari mana taunya dah kalo WaGoMu itu cucunya Ameba? -_-). Yang paling menyenangkannya lagi, saat ngepos, kita bias masukin emoji yang sesuai dengan suasana hati, tanpa perlu edit HTML-nya. Asiiik, seru banget, deh! .

Kesimpulan
Kayak yang udah gue bilang tadi, gue seneng banget sama WaGoMu yang masih segar dan baru diangkat dari oven ini. Untuk kekurangan, gua rasa tampilannya aja sih yang perlu diperbaiki. Kalo tampilannya bias jadi lebih elegan kayak Ameba nanti, mungkin lebih menarik. Tapi buat semua fiturnya, terbaik deh! (y).

Nih, luvluv  dari Barbie, eh Tisha!
 ♥♥♥♥○




Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥