Menarik Hati seorang Introvert

oleh - Juni 17, 2019

Menarik hati Introver.
[FREEPIK.COM]
Menarik hati orang lain, sama sulitnya dengan menemukan seseorang yang menarik, cocok dan klop di hati. Layaknya saat kita membeli buku, buku yang kita inginkan biasanya harus sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Dari segi sampul yang harus menarik, isi yang berbobot, hingga perhitungan harga yang harus sesuai dengan dompet. Merupakan hal yang tepat kalau menganoligikan buku seperti manusia. Yang bagian luarnya gak selalu sama sama apa yang di dalam. Sekilas, ini mirip dengan teori Iceberg yang ada di dalam ilmu psikologi maupun ilmu antropologi. Yang kira-kira bia gue tarik kesimpulan seperti ini,

"Bagian luar (permukaan) merupakan apa yang terlihat dengan jelas, sehingga dapat langsung diukur dan dikira-kira. Sedangkan, apa yang ada di dalam (yang ada di bawah permukaan laut) merupakan sesuatu yang lebih kompleks. Kalau manusia, hal ini biasanya berkaitan dengan nilai-nilai dan juga ideologi yang mereka pegang dalam menjalani kehidupan".

Hal ini juga mungkin yang bakalan menimbulkan kekagetan pada kita saat kita mempelajari ilmu baru, bukan?. Apalagi kalau ilmu itu sama sekali berlawanan sama ilmu yang udah kita pelajari sebelumnya. Misal, kita memutuskan SMA masuk IPA, sementara pas kuliah kita pengennya masuk jurusan dari Fakultas Sosial dan Humaniora. Begitu kuliah, keliatan deh bedanya.

Makanya, mempelajari meskipun kita manusia, mempelajari sesama kita bukan lah hal yang mudah. Karena selain pendirian, kita juga punya nilai (yang udah tertanam di dalam diri) yang berbeda. Bahkan juga dalam urusan yang lain-lain. Tapi positifnya, kalau kita udah berhasil cocok, kita bisa menarik hati orang. Yeay!.

Selama hidup gue, gue merasa di dunia ini lebih banyak orang yang menarik bagi gue, ketimbang yang tertarik sama gue. Alasannya bukan hanya karena merendah. Tapi, lebih gampang aja rasanya untuk kagum seseorang. Penyebabnya karena penilaian gue yang gue rasa 'terlalu sederhana' untuk orang lain. Misalnya, hanya karena orang itu pintar, kita fix jadi kagum sama dia. Sementara kalau kita lihat jauh ke dalam diri gue sendiri, kita seringkali kasih standar yang lebih rumit. Terutama saat kita mengalami (masa) krisis kepribadian. Selain gak pede, gue juga merasa diri kita gue menarik sama sekali.

Terutama, karena gue punya keterbatasan yang kurang pede kalau bicara di depan umum secara casciscus. Dan juga saat ketemu sama orang yang skill-nya lebih tinggi.  Hm, jujur saja, kadang itu bikin gue merasa seperti remahan roti!

Harus gue katakan dengan jujur, memang tertarik sama seseorang memang kadang lebih gampang.

Tapi bukan berarti kita yang introver sama sekali gak punya kapabilitas untuk bikin orang penasaran untuk menarik hati kita, introver. Ingat, setiap orang punya keunikan masing-masing.


Cara Menarik Hati Introver

Bagi kalian yang ektover maupun introver, berikut cara menarik hati seorang introver berdasarkan penelitian tertutup dan pengalaman pribadi gue:

  • Tunjukkan sisi diri yang berbeda
Ini merupakan cara yang paling sederhana sekaligus GGS (gampang-gampang susah) untuk menarik hari seorang introver. Gampangnya, kita tinggal pilih sesuatu yaita rasa bisa bikin orang tertarik sama kita. Misal keterampilan, ataupun kelebihan yang kita miliki. Mengenal diri sendiri biasanya merupakan kelebihan seorang introver. Karena mereka punya kelebihan dalam kemampuan interpersonal, makanya mungkin cenderung mudah buat mengenal diri sendiri. Seringnya komunikasi sama diri sendiri juga jadi pengaruhnya. Makanya, bisa dipastikan, orang introver itu kagum sama orang yang kenal dan paham akan potensi dirinya sendiri. Yang juga paham sama yang mana prioritas dan hal lain yang masih bisa dikesampingkan dulu. 

  • Pastikan dia merasa nyaman
Rasa suka dan kagum itu ada karena rasa nyaman bukan?. Asal kita nyaman, pasti kita betah buat dekat-dekat sama seseorang. Gak perlu pakai baju yang mewah dari ujung kepala sampai ujung kaki. Yang harus dilakukan ialah buat diri kita nyaman dulu. Kalau sudah nyaman sama diri kita sendiri, kita juga udah mulai bisa bikin orang lain nyaman. Karena kita udah mampu menceritakan kepribadian kita secara gak langsung secara 'mengalir'.

  • Kasih dia ruang untuk mendengarkan
Dalam berkomunikasi dengan kata-kata, kita tentu punya pendengar. Baik orang lain maupun diri kita sendiri. Banyak orang yang beranggapan kalau kita bicara hanya karena kita butuh didengar. Padahal tujuannya lebih luas, yaitu biar pesan yang kita sampaikan bisa tersampaikan dengan baik. Dengan begitu, orang bakalan lebih paham dan pesan kita bakal mudah menempel di bagian otak orang itu. Makanya, memberi ruang itu merupakan sesuatu yang perlu saat kita berbicara. Gak hanya itu, lebih bagus lagi kalau kita memberi kesempatan juga buat mereka untuk mengolah apa yang kita katakan. Jangan salah, hal itu juga bisa bikin mereka nyaman sama kita, loh!. 

  • Sebaliknya, dengarkan juga dia
Mendengar, bisa jadi salah satu cara dan upaya buat membuka hati. Saat kita udah sampai tahap mendengarkan yang paling tinggi, yaitu menyimak, kita udah pasti siap membuka hati. Menerimadan mengolah pesan yang kita dapatkan dari proses mendengarkan tersebut. Orang yang kita dengarkan juga lambat laun bakal merasakan kalau dirinya diperhatikan atau bahkan jadi prioritas. Meski mungkin jaran ngomong, introver itu suka banget didengarkan. Apalagi ketika pemdapatnya diterima dengan baik. 

  • Kasih sesuatu yang berkesan dalam setiap pertemuan
Menyogok seseorang gak selamanya haram dan negatif loh, guys!. Contohnya menyogok orang dengan kesan ini. Sesuatu yang kita temui tentunya punya kesan, meskipun udah berkali-kali kita temui di kehidupan kita. Namun, kesan pertama sama kesan selanjutnya mungkin gak selalu sama. Itulah juga yang kita sebut dengan (adanya) kehidupan, yaitu selalu berubah dan gak pernah tetap. Untuk itu, jangan anggap kesan ini sepele. Setiap kesan yang kamu tinggalkan, bisa jadi sesuatu yang berharga buat dia loh. 

Kesimpulan

Ada banyak cara sederhana yang bisa kita tempuh untuk menarik hati seseorang, terutama yang berkepribadian introver. Yang seringkali dikenal dengan pribadi yang cuek dan pendiam. Yaitu menunjukkan sesuatu yang unik dari diri kita, pastikan mereka nyaman, memberi ruang mendengarkan, mendengarkan mereka dengan baik dan juga memberi kesan di setiap pertemuan. Cara-cara ini bisa dilakukan secara bersamaan dan dikombinasikan. Atau pilih salah satu yang paling cocok sama diri kita terlebih dahulu, baru deh langkah yang lain. Cara-cara diatas hanyalah contoh saja. Karena mendalami pribadi seseorang dan menarik hatinya punya banyak jalan, introver. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, maka mungkin banget kalau kita bisa menarik hati seseorang. Apapun kepribadian kita, baik intover ataupun ekstrover, kita punya peluang dan hak yang sama.

Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥