Belajar buat website dengan Neocities

oleh - Oktober 03, 2018

Belajar buat website dengan Neocities.
[KASIEBEAUTY.CO.UK]

Setelah mengenal Wix sebagai platform anti-mainstream buat ngeblog, ternyata diri gue belum puas. Suatu hari, gue difollow sama seseorang di Instagram. Di profilnya, dia mencantumkan alamat blog/web-nya. Yang menarik adalah domain yang digunakan .neocities.com. Tanpa perlu waktu yang lama gua langsung meluncur ke halaman pribadi orang itu.

Begitu lihat, gue langsung tertegun. Karena web-nya keren banget. Segera, gue langsung menuju ke mainpage dari situs Neocities. Disana, mulailah gue mencari-cari kata kunci buat liat-liat. Karena sekarang gue lagi suka sama hal yang berbau estetik dan vaporwave, gue jadikan itu sebagai kata kunci pertama gue. Banyak situs-situs yang nongol. Gue akui, semuanya bagus-bagus, menarik. Yang lebih uniknya lagi, mereka punya ciri khas masing-masing. Karena merasa hal ini gak biasa, meluncurlah gue ke halaman about. Dengan bangga para penemu sekaligus admin Neocities bercerita. Kalau mereka punya visi dan misi mengembangkan kreativitas pengguna untuk membangun website sesuai dengan keinginannya. Juga, mereka pengen menjadikan Neocities ini sebagai platform untuk membuat website yang berbeda dari yang lain. Wow banget bukan?.

First Impression
Saat pertama kali ngeliat mainpage dari Neocities ini, kita langsung disuguhkan form buat bergabung dan sedikit deskripsi dari website ini. Bahwa sebenarnya, Neocities ini mengambil prinsip social network. Pengguna juga bebas membagikan website buatannya ke medsos lain yang dia punya. Setelah geser-geser halaman kebawah sedikit, langsung muncul beberapa website yang featured, yaitu daftar situs dengan follower terbanyak. Dibawahnya lagi, diijelaskan beberapa fitur unggulannya. Kayak HTML editor, open source, dan zero advertisement. Meski gak sesederhana Wix atau platform blog mainstream lain, gue udah punya firasat kalau Neocities ini website yang unik banget. Dan peduli sama kreativitas dfan kenyamanan penggunanya. 

Tampilan Neocities

Berikut ini tampilan Neocities dan juga fitur-fitur yang ada di dalamnya:

Tampilan halaman feed

Tampilan halaman feed Neocities.
Begitu kita masuk, sama seperti social network lain, kita langsung disuguhkan feed-feed dari halaman yang kita ikuti. Simpel banget bukan tampilannya?.

Tampilan halaman profil

Halaman profil.
Tampilan halaman profil ini mungkin agak mengingatkan kita dengan Twitter, dimana langsung tercantum jumlah orang yang kita ikuti dan pengikut kita. Bedanya gak ada foto profil, melainkan foto tampilan website kita. 

Tampilan halaman editing

Halaman editor website.

Yang uniknya lagi, disini gak ada halaman pos dan edit pos. Yang ada hanya folder, halaman dan file yang kita gunakan dalam membuat website. Bagi kalian yang kenal aplikasi Dreamweaver dan aplikasi desain web lainnya, mungkin gak akan asing sama tampilan ini. 

Halaman editor HTML 

Editor HTML halaman index.

Editor HTML halaman main.
Di website Neocities, gue punya 2 halaman. Halaman index adalah tampilan halaman awal ketika orang membuka web gue. Sementara halaman main, nantinya akan gue gunakan untuk menampilkan apa aja yang ada di website gue. 

Tampilan website (output)

Tampilan halaman utama (index).
Masih halaman index.

Tampilan halaman main.
Ini dia tampilan website yang gue bangun di Neocities. Beberapa fitur yang ada di website gue belum maksimal. Karena memang gue masih ada di tingkat pemula soal edit HTML. 

Pro dan Kontra

Pro:
  • Minim iklan, gak butuh waktu lama buat loading.
  • Free source, pengguna bebas berkreasi.
  • Gak terlalu banyak fitur.
  • Simpel dan efisien.
  • Ada fitur tutorial untuk pengguna baru (yang baru belajar HTML).
Kontra:
  • Tutorial yang ditampilkan gak begitu detail.
  • Agak rumit untuk pemula.
Menurut gue sebagai pengguna, Neocities ini cocok digunakan oleh para developer website; orang-orang yang mau belajar untuk belajar bikin website secara detail; orang yang mau menyalurkan hobi; bahkan orang-orang yang kerja di industri kreatif (komikus).

Psst, ini dia bintang dari gue! 

♡ 3/5
Bagus

Kesimpulan

Kadang kita sebagai introvert blogger, suka penasaran mengenai proses lebih lanjut dalam pembuatan website. Kita pun mulai repot mencari cara untuk belajar. Entah melalui website tutorial, hingga download aplikasi desain web. Neocities ini cocok banget dijadikan sebagai alternatif. Buat kita yang gak mau ribet dan pengen belajar langsung pembuatan website secara detail juga online. Apapun platform yang kita pilih buat belajar ngeblog atau buat website, jangan pernah puas ilmu ya introver!. Salam semangat belajar!.

Baca Juga

4 komentar

  1. Situsnya bagus banget, Sangat rapih dan memiliki artikel yang berbobot.
    Kunjungi juga situs saya :
    Situs Menyalurkan Hobi

    BalasHapus
  2. hi numpang tanya, klo di neocities supaya link domain gimana caranya ? karena neocities domain gratis pakai punya dia. saya mau ganti pakai domain saya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih udah berkunjung. Kalau mau ganti domain sendiri di Neocities bisa berkunjung ke sini: https://neocities.org/supporter

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥