Bisnis online: terbaik buat introver?

oleh - September 10, 2018

Introver dan bisnis online.
[ISTOCK.COM]
Internet yang tadinya cuma tempat untuk berbagi, kini jadii lahan bisnis yang 'segar' buat orang-orang. Termasuk generasi millenial yang menginginkan segala sesuatu terjadi dengan instan. Juga tanpa perlu banyak gerak. Bener kan introver?.
Satu hal lagi yang paling penting dari bisnis dunia maya, kita gak perlu selalu ketemu dengan pelanggan. Cukup kontak lewat gadget, maka semua urusan bisa beres!. Menggiurkan banget, ya?. Namun, benarkah bisnis online itu adalah yang terbaik buat introver?.

Dilansir dari enterpeneur.com, sebenarnya introver itu lebih bisa berkembang di bisnis online ketimbang ekstrover. Alasannya karena sifat introver yang pemikir memungkinkan mereka merencanakan strategi bisnis dengan lebih matang. Ada Mark Zuckerberg yang bisa kita jadikan contoh orang yang sukses dalam bisnis ini. Bisnis online juga termasuk salah satu dari 50 bisnis yang disarankan buat introver. Karena prospeknya menjanjikan, mengingat dunia maya makin hari makin berkembang.

Peluang itu lah yang membuat gue juga ikut tergerak untuk membangun bisnis online secara perlahan. Secara, gue udah lama ngidam punya bisnis dan bisa punya uang sendiri. Sejak awal masuk kuliah dulu. Iseng-iseng, suatu hari gue liat-lita feed di instagram dalam rangka mengisi hari sepi gue. Di salah satu akun, gue menemukan ide mengenai bisnis apa yang bakalan gue mulai sekarang. Tanpa ragu-ragu, gue langsung memantapkan diri.

Coba aja dulu deh, hasilnya belakangan, gimana nanti

Hal itu lah yang pertama terpikir di benak gue. Yang namanya bisnis memang harus dicoba. Kalau gak, sampai kapanpun kita gak akan tahu gimana hasilnya.

Cara bisnis mudah buat introver

Nah ini dia, tips mengenai cara berbisnis yang mudah buat kita yang introver (berdasarkan riset online yang gue lakukan):

Tentukan kategori bisnis dengan cermat

Kayak pas mau jalan-jalan nih, hal yang harus kita lakukan pertama kali yaitu menentukan tujuan. Kalau dalam bisnis kategori bisnisnya, ya. Usahakan cari kategori bisnis yang 'kamu banget'. Boleh juga bisnis yang punya peluang keberhasilan besar. Jangan salah, hal ini bisa berpengaruh sama keuntungan yang kita dapatkan loh!. Misal, kita memilih bisnis yang cocok sama kita, pati kita bakalan menjalankannya dengan senang hati. Sehingga kemungkinan untuk yang kita dapat makin banyak.

Cari partner yang cocok

Kalau mau berbisnis, kita harus punya partner. Gak perlu serba kompak dan samaan, Tapi yang jalan pikirannya bisa sejalan sama kita. Gunanya biar bisa diajak sharing dan juga menunjang ide yang udah kita punya sebelumnya. Soalnya, kita gak akan tahu, mungkin bakal ada ide yang cemerlang ketika banyak ide digabungkan.

Buat lingkungan yang diinginkan

Biar lancar, coba deh buat lingkungan penjunjang bisnis yang udah dijalanin. Gunanya biar kita tetap semangat dan termotivasi untuk terus menjalaninya. Misal, dengan gabung ke komunitas penjual online. Mungkin aja disana ada yang bagi-bagai cerita suksesnya. Selain itu, jangan lupa juga buat lingkungan kecil disekitar, dengan orang-orang yang udah dikenal. Siapa tahu, mereka perlu sama apa yang lagi kita 'jual'. Jadi setelah kita dapat cerita sukses orang lain, langsung deh, kita praktekin. 

Gunakan jaringan dan interaksi online

Bisnis online tentu lebih maksimal lagi kalo kita memanfaatkan jaringan online. Buat berinteraksi sama banyak orang. Berinteraksi, secara gak langsung memungkinkan kita buat mengenal seseorang loh. Kita bisa jadi lebih paham sama dia, sehingga kita bisa menerka prosuk yang cocok sama dia secara online

Belajar bersosialisasi

Selanjutnya cobalah buat bersosialisasi. Gunanya untuk memperluas jaringan yang udah ada. Makin luas jaringan, makin besar loh peluang bisnis kita. Bersosialisasi ini gak harus selalu offline kok, tapi bisa juga dengan online.

Coba hadapi situasi 'gak nyaman'

Mungkin saat pertama kali nawarin ke orang-orang mengenai bisnis kita, bakal ada (sedikit) rasa malu. Entah karena kita merasa baru pertama kali dan belum jago, atau sejuta alasan lainnya. Sebenarnya justru situasi 'gak nyaman' itulah yang mestinya kita hadapi. Supaya kita makin berani dan maju terus.

"Tapi gue tetep masih bingung nih, Sha, mau bisnis apa. Gak punya jaringan dan keahlian sama sekali"

Tenang aja, gue punya solusi kok buat kalian, introver! :)).  Kalian bisa mulai buat berbisnis Oriflame, kayak yang gue lakukan sekarang ini. Oriflame adalah perusahaan kosmetik yang perkembangannya paling pesat di dunia, loh. Terus ya, di bisnis Oriflame, kita udah bisa dapet semua poin yang udah gue jelasin diatas!. Bisnis yang sesuai, partner dan lingkungan gak cocok, juga jaringan yang luas. Kita juga dibiasain buat bersosialisasi sama banyak orang. Udah gitu, kita bakalan dibimbing langsung sama upline-upline yang super ramah, sesaat setelah kita join. Jadi no skill, no problem!. gitu tau gak yang lebih mengejutkan lagi?. Modalnya murah banget loh, cuma Rp. 9.900 aja!. Bahkan harga bakso di rumah kalian bisa lebih mahal dari ini kan?. Udah gitu, setiap ada order, kita langsung dapet keuntungan 23% dari harga barang yang tertulis di katalog. Kita juga bisa dapet diskon untuk pembelian produk. Banyak banget bukaan?. Masih banyak lagi loh. Kita bisa dapet produk gratis 1,5 juta!.

Ini dia produk-produknya!
Beneran loh, 3 barang 'mahal' diatas bisa didapetin dari Oriflame. Masih kurang puas juga?. Kita juga bisa jalan-jalan ke luar negeri gratisan loh!. Menarik banget bukan?. Kalian bisa langsung join dengan kontak sosmed gue dibawah ini. Mumpung promonya masih berlaku, loh. Hihihi..

Facebook: Re Xandria
Instagram: @tshxandria

Kesimpulan

Diantara semua bisnis, bisnis online bisa jadi bisnis yang menjanjikan buat kita yang introver, loh. Selain gak perlu selalu bertatap langsung, kita bisa mendapatkan hasilnya secara instan. Ada beberapa tips biar bisnis online kita bisa lancar. Salah satu dan yang paling penting adalah menentukan jenis bisnisnya. Oriflame bisa menjadi solusi buat kita, si introver yang pengen usaha online. Inget ya, guys, apapun bisnisnya, pasti bakal sukses kalau kita mau. Salam introver produktif!.

Referensi:

  • https://smallbiztrends.com/2016/09/business-ideas-for-introverts.html
  • https://www.quora.com/Can-an-introvert-become-a-successful-online-entrepreneur#
  • https://www.entrepreneur.com/article/287135
  • https://www.shoemoney.com/2017/11/20/introverts-thrive-online-business/
  • https://www.entrepreneur.com/article/276137

Baca Juga

2 komentar

  1. thank you rekomendasinya mba, btw aku salfok sama design blognya yang simple but cute :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, makasih juga karena udah berkunjung, Bunda. Hehehe

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥