Ekstrover, inilah yang introver suka dari dirimu!

oleh - Agustus 10, 2018

Persahabatan introver dan ekstrover.
[VIX.COM]

Dunia rasanya belum lengkap kalau gak ada yang namanya perbedaan. Entah itu dari hal-hal fisik kayak warna kulit atau ras, hingga pemikiran manusia. Perbedaan ada agar dunia lebih berwarna. Layaknya dua kepribadian yang sebenarnya saling bertolak belakang, ekstrover dan introver.

Si introver yang pendiam dan lebih suka sendiri, mungkin akan kelihatan kontras banget ketika harus berdampingan dengan orang ekstrover yang rame, aktif juga punya jaringan sosial yang luas. Namun, banyaknya perbedaan antara keduanya bukan penghalang persahabatan introver dan si ekstrover. Perbedaan-perbedaan itulah yang nantinya bisa membuat mereka bisa merasa 'saling melengkapi', saling cocok dan saling mengagumi satu dengan yang lainnya.

Banyak hal yang belakangan membuat gue kagum dengan sifat orang-orang introver. Terutama semenjak gue mulai memutuskan buat menjadi orang yang 'baru'. Para ektrover banyak membantu gue untuk menjadi lebih terbuka soal perubahan gue. Ekstrover juga banyak membantu gue dalam hal-hal kecil lainnya. Seperti sikap peduli sama teman yang biasanya jarang gue tampilkan secara langsung.

Jujur, gue merasa kagum

Setiap manusia memang diciptakan Tuhan secara unik. Gue rasa, adanya ekstrover di dunia ini bener-bener melengkapi warna-warni yang ada di dunia. Juga warna-warni hidup gue tentunya.

Hal yang introver suka dari ekstrover
Nah, buat kalian yang ekstrover, ini dia nih hal-hal yang bisa membuat para introver kagum sama diri kalian (berdasarkan pengalam gue)!:

Peduli pada teman 
Punya teman yang bejibun jumlahnya, mungkin bukan hal yang asing buat kalian ya, ekstrover. Tapi, banyaknya teman yang dimiliki gak menyurutkan diri ekstrover buat tetap perhatian. Sama teman yang manapun. Ya, kalian yang ekstover punya sifat peduli sama teman yang tinggi. Bagi kalian introver yang punya teman ekstrover mungkin akan sering  merasakannya. Gak ada hari tanpa pertanyaan mengenai diri kali yang terlontar dari para ekstrover. Maka, beruntunglah kalian para ekstrover, karena jujur kami merasa 'iri'.


Suka berbagi cerita
Ekstrover punya kepribadian terbuka, dia itu memungkinkan mereka buat bicara dan bergerak lebih banyak ketimbang introver. Hal ini juga disebabkan oleh bedanya cara kerja otak ekstrover dan introver. Makanya, saat baru kenal sama seseorang, kemungkinan besar ekstrover lebih gampang untuk bercerita mengenai kehidupan pribadinya ketimbang introver yang tertutup. Meski kedengarannya agak sepele, tapi hal ini bisa jadi hal yang mengagumkan buat introver. Karena semakin sering kalian berbagi cerita dengan orang lain, orang lain akan lebih mudah buat memahami cara pandang dan kepribadian kalian.

Tak malu jadi diri sendiri
Selain sikap yang supel, ekstrover juga punya kelebihan lain, yaitu percaya diri. Sikap inilah yang bikin mereka gak malu-malu untuk menunjukkan diri mereka di hadapan orang lain.  Ekstrover juga gak malu untuk menujukkan kelemahan dan kekurangan mereka ke orang yang ada di sekitarnya. Apapun situasinya, hajar deh!. Itulah salah satu hal yang membuat introver salut!.

Apa adanya
Karena ekstrover bukan tipe malu-malu dan pemendam, otomatis mereka akan bersikap apa adanya.  Kalian yang ekstrover mampu buat bicara secara jujur dan terang-terangan kalau ada hal yang kalian sukai dari teman. Hal inilah yang membuat introver tertarik. Kalian mampu membuat orang lain langsung paham dengan apa yang kalian rasakan. Dampak positif lainnya, si introver gak perlu susah-usah menafsirkan 'kode keras' dari kalian. Hihihi...

Bisa jadi penghibur yang baik
Sifat ekstrover yang rame dan 'banyak cerita' tanpa sadar jadi hal yang sering kali orang introver tunggu-tunggu saat mereka sedih, loh. Terutama kalau kalian yang ekstrover adalah teman baiknya. Meski respon introver kadang gak begitu keliatan, percaya lah minimnya respon mereka bukan berarti mereka benci. Tapi karena mereka gak mau bereaksi secara berlebihan atau kurang paham dengan yang kalian bicarakan. Meski begitu, kesiapan kalian buat jadi penghibur yang baik selalu membuat kami kagum. 

Kesimpulan

Baik introver dan ekstrover punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, semua kekurangan itu akan tertutupi kalau introver dan ekstrover bersama. Bagi kalian yang introver, jangan takut untuk bergaul dengan introver yang kepribadiannya berbanding terbalik sama kalian. Sebaliknya, ekstrover, keep up apa yang udah kalian lakukan selama ini. Tetaplah bergaul dengan siapapun. So come enjoy to be yourself everyone!.

Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥