Kala introver mulai terbuka

oleh - April 25, 2018

Berbagi dengan sahabat
[AMANDANELSONPHOTO.COM]

Orang yang introver punya kepribadian yang tertutup. Artinya cuma bisa membuka diri ke orang-orang tertentu. Bisa dibilang, membuka diri merupakan kejadian langka yang gak dialami oleh mereka yang bergaul sama seorang introver.
Introver sering kali dikenal pemilih buat memilih teman. Mereka juga kurang suka dengan pembicaraan kecil. Ini lah alasan yang sering mereka gunakan pada diri sendiri untuk menghindari pembicaraan yang agak pribadi. Dengan kata lain, jadi terbuka.
Saat pertama kali menginjakkan kaki di tahun kedua kuliah, gue merasa lebih canggung ketimbang tahun pertama. Mungkin karena dunianya baru, dan segalanya terasa berubah. Tahun kedua ini adak berat, karena kami harus menentukan 'fokus' kami ke depannya. Milih jurusan yang kami pikir sesuai. Sebagai gantinya, kami dapet lingkungan baru yang diisi sama banyak wajah-wajah baru yang belum kami kenal. Lingkungan baru itu yang bikin gue agak was-was karena gue agak sulit untuk beradaptasi.
Semester pertama di lingkungan baru, gue udah berhasil berteman dengan beberapa orang. Tapi, itu pun gak begitu akrab. Seringnya gue berinteraksi sama mereka pas di kelas doang. Semester kedua, saat gue mulai terbiasa, banyak ujian yang harus gue hadapi (baca disini).
Makanya, waktu ke tahun ketiga ini, gue agak trauma. Takut buat melangkah maju, takut masalah itu bakalan keulang lagi. Namun nyatanya, gue bisa menemukan beberapa orang yang udah berhasil bikin gue berubah. Yang akrab sama gue berkat sebuah projek kuliah.

Menjadi terbuka ternyata bukanlah hal yang buruk

Dulu, gue selalu merasa menjadi terbuka sama aja membongkar privasi diri sendiri. Namun, pikiran itu ternyata salah. Menjadi terbuka ternyata membuat gue merasa lebih dekat dan lekat sama  lingkungan sekitar gue.


Sebab introver jadi terbuka

Ini dia beberapa penyebab introver menjadi terbuka (berdasarkan pengalaman gue):

Ada rasa aman dan nyaman
Perasaan nyaman dan aman yang ada di dala diri introver membuatnya lebih tenang. Hal yang ini yang bikin mereka gak akan segan untuk merespon pembicaraan dengan baik. Bahkan mungkin, mereka bisa aja tertawa terbahak-bahak karena lelucon kecil yang dilontarkan oleh temannya. Tandanya, dia udah nyaman banget sama lingkungannya.

Ada rasa percaya
Komunikasi yang baik didasari oleh perasaan percaya, terhadap orang yang berkomunikasi ke kita (komunikator) maupun orang yang kita ajak berkomunikasi (komunikan). Kalau gak ada rasa percaya, komunikasi gak akan berjalan dengan baik.

Merasa lingkungannya dan dirinya berharga
Saat introver merasa 'terancam' dengan lingkungan, dia akan mengeluarkan senjata ampuhnya, tembok penghalang. Yang memungkinkan dirinya gak diketahui oleh banyak orang. Perasaan terancam itu muncul akibat dirinya gak mungkin gak percaya diri atau merasa lingkungannya 'kurang' berharga. Maka sebaliknya, kalau dia merasa lingkungannya berharga dan dirinya juga berharga, dia bakal menghancurkan senjata ampuhnya sendiri.

Merasa dicintai oleh lingkungan
Rasa cinta yang ada di lingkungan, bikin semua orang lebih damai. Ini juga yang dirasakan oleh introver. Saat dia mulai terbuka, mungkin dia mulai sadar, kalau dunia ini sebenarnya berwarna. Dan hidupnya gak sekelabu yang dia pikirkan.

Reaksi yang ada di lingkungan

Di sisi lain, ini dia reaksi orang yang akan muncul saat introver mulai terbuka (berdasarkan pengalaman dan pengamatan gue):

Kaget
Orang yang ada di sekitar kita yang introver mungkin bakal kaget kala melihat kita mulai terbuka. Image yang pendiam, jarang bersosialisasi, tertutup dan teman sedikit, seakan-akan udah melekat banget sama kepribadian kita, ya, guys.

Berubah pikiran mengenai introver
Pada akhirnya, orang-orang bakal tahu, kalau introver gak selamanya sama kayak yang selama ini mereka pikirkan. Pikiran mereka akan berubah. Seiring dengan berjalannya waktu, saat kita makin terbuka lagi, mereka akan lebih paham mengenai diri kita yang sebenarnya.

Ingin mencari tahu lebih lanjut tentang introver
Bagi sebagian orang, perubahan yang terjadi di lingkungan adalah hal yang asyik dan unik. Hal ini lah yang bikin sebagian orang yang bergaul sama kita yang introver mungkin bakal mau tahu tentang diri kita lebih dalam lagi. Karena mereka merasakan ada yang gak biasa dari diri kita.

Menjadi terbuka


Psst, ini dia cara yang bisa dilakukan buat kita, introver yang ingin jadi lebih terbuka:

Tenang dan percaya
Segala kekurangan yang ada di diri kita akan gak terasa kalau kita merasa tenang, juga pecaya kalau kita bisa berubah. Makanya, kita perlu buat membangkitkan keduanya. Rasa tenang boleh banget kita coba gapai dengan menarik nafas dalam-dalam-dalam juga melakukan hal yang bikin kita merasa nyaman lainnya. Untuk rasa percaya, kita bisa mencoba mendapatkannya dengan mulai mengubah pola pikir kita dan mulai melihat kalau dunia ini depenuhi dengan cinta.

Nikmati kegagalan
Penah dengar bukan, kalau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda?. Ini juga berlaku di kehidupan sosial kita, loh. Mungkin saat pertama kali mencoba buat terbuka sama lingkungan kita mengalami kegagalan. Kayak waktu yang gak tepat, belum siap, dan lainnya. Sama kayak kemeangan, gegalan itu hal yang bisa dinikmati. Kegagalan bukanlah hal yang salah, kok.

Mendekat secara perlahan
Kita yang introver dikenal punya kemampuan berpikir panjang. Hal itu yang kadang bikin kita merasa kalau diri kita 'agak lambat' dalam mengambil suatu keputusan. Dalam beradaptasi, kita butuh waktu yang agak lama memang. Tapi hal ini normal, karena adaptasi memang membutuhkan proses. Dan setiap makhluk butuh waktu yang berbeda buat menjalaninya.

Hancurkan tembok penghalang
Tembok penghalang merupakan salah satu penyebab introver kurang bisa lebih terbuka terhadap orang lain. Sering kali, kita yang introver merasa kesulitan buat berkomunikasi karena memasang (sengaja atau gak sengaja) senjata yang satu ini. Untuk menghancurkannya, kita boleh banget kok mencoba buat merekam suara kita sendiri, juga belajar ngomong dengan cermin. Lalu perhatikan cara kata berbicara. Mungkin cara bicara kita selama ini lah yang bikin kita kurang pede. Kalau udah merasa oke, kita bisa lansung mencoba terbuka dengan orang terdekat kita.

Jadi diri sendiri
Kadang kita lebih banyak fokus sama kekurangan yang ada di diri kita. Kita lupa kalau sebenarnya diri kita unik dan gak ada yang bisa menggantikan kita. Menjadi diri sendiri sebenarnya hal yang mudah. Kita boleh banget, kok, memulainya dengan gak malu-malu buat terus menekuni hobi dan kebiasaan positif kita. Kalau udah mulai bisa terbuka, kita bisa menceritakannya ke orang banyak. Siapa tahu, kita bisa berbagi manfaat ntuk mereka.


Kesimpulan

Introver menjadi terbuka?. Bagi kebanyakan orang hal itu merupakan hal yang unik, dan jarang terjadi. Ada beberapa penyebab kenapa kita yang introver bisa terbuka ke orang lain, salah satunya rasa percaya. Awalnya, lingkungan mungkin akan merasa kalau diri kita agak berbeda dari sebelumnya. Tapi, ada banyak cara kok yang bisa kita lakukan agar bisa jadi lebih terbuka. Waktunya menikmati warna-warni hidup baru!.


Sumber:

  • https://medium.com/@selecto/6-steps-to-helping-an-introvert-open-up-2ae729a0b7a
  • https://introvertspring.com/shy-introvert-how-to-open-up-naturally/
  • https://www.news18.com/news/lifestyle/14-ways-in-which-you-can-help-your-introvert-friends-talk-1039981.html

Baca Juga

0 komentar

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥