Ngeblog dengan Wix

oleh - Maret 30, 2018

Serunya blogging.
[GOOGLE.COM]

Nge-blog, bagi gue adalah hal yang menyenangkan. Dimana gue bisa berbagi perasaan dan juga cerita ke orang lain. Dengan nge-blog, gue juga bisa memperluas pertemanan dengan siapapun. Namun, dalam nge-blog (untuk gue sendiri sih), ada yang namanya naik-turun. Dimana gue mulai jenuh dengan hanya berfokus pada salah satu platform. Lalu, gue bakal mencari informasi tentang platform lain yang katanya bagus juga. Hal ini juga didukung oleh ke-kepo-an gue yang seolah-olah bikin gue ingin 'memperlajari dan menguasai semuanya'.
Selama ini, hanya 2 platform blog yang paling gue 'seriusin', Blogger dan juga Wordpress. Selain karena ketenaran keduanya yang udah merebak di seluruh dunia, keduanya juga simple digunakan. Kita bisa mengkostumisasi tema dengan mudah. Dan juga ada banyak fitur lain di dalamnya yang bakal bikin kita semua jatuh cinta.
Suatu hari, gue buka Youtube, dan kebetulan sebelum video yang ingin gue tonton mulai, yang muncul sebelumnya adalah iklan Wix. Disana dibahas sedikit mengenai kelebihannya yang gak dimiliki oleh platform lain yaitu what you made is what you see, apa yang kamu buat adalah yang kamu lihat (kalau gak salah gitu bunyinya). Emang dasarnya gue kepo dan juga rada latah, apa-apa maunya dicoba, gue langsung mendaftarkan akun baru ke Wix. Dan mencoba untuk nge-blog disana.
Seperti datang ke dunia baru yang gak gue kenal, pertama kalinya nge-blog di Wix terasa rada asing. Mungkin karrena gue belum biasa dan gak familiar. For your information, padahal sebenernya gue udah mengenal platform ini sejak lama, bahkan sebelum gue mengenai Wagomu (untuk ulasanannya silahkan klik disini).

First Impression
Saat pertama kali melihat landing page Wix, gue merasa ada sesuatu yang berbeda. Landing page itu kayak pintu, dan Wix diibaratkan sebagai rumah. Dari luar, gue udah mencium aroma kesederhanaan Wix yang bikin gue ingin nyoba masuk ke dalam. Gak lama setelah akun gue di konfirmasi, gue langsung memilih dan mengedit template sesuai yang gue mau. Munculah halaman baru yang apik dan juga simple. Wix udah cukup berkembang mengikuti jejak saingannya yang lain. Gue pun semakin antusias.

Tampilan Wix

Berikut adalah tampilan Wix dan juga fitur-fitur yang ada di dalamnya:

Tampilan halaman akun


Tampilan awal akun Wix
Keliatan simpel banget kan, guys?. Gue juga suka tampilan ini. Warna latar belakang pink menuju biru memberi kesan artistik tersendiri.

Tampilan halaman blog


Halaman awal blog
Ini dia tampilan halaman blog yang gue buat. Ada banyak banget fitur disini.

Tampilan pos

Tampilan semua pos
Kalau ini, tampilan semua pos yang udah gue pos sebelumnya. Keliatan agak beda ketimbang Blogger dan Wordpress, ya?. Kita juga bisa ganti-ganti nickname setiap saat. Waahhh, seru banget!.

Tampilan edit pos
Judul blog dan gambar.


Fitur kutipan (quote).

Konten isi.

Fitur tautan, dan tagar.

Fitur kategori, sisipan dan terbitkan.
Menurut gue, ini dia tampilan yang paling menonjol antara Wix dan platform yang lainnya. Di Wix, memang gak ada tombol pratinjau. Tapi, kita bisa ngebayangin langsung gimana jadinya pos kita nanti. Selain itu juga ada fitur sisipan dalam format video dan ada fitur tagarnya juga kayak media sosial.

Tampilan fitur lainnya

Halaman inbox.
Di, Wix. segala hal yang terjadi di website kita bakal langsung masuk ke inbox.

Daftar kontak.
Semua yang mendaftar di website kita secara otomatis akan tampil sebagai daftar kontak. Yang bakal terima notifikasi dari kita.

Fitur invoice.

Fitur SEO.
Selain itu, Wix juga punya fitur SEO-nya sendiri. Tapi fitur ini baru akan berfungsi kalau kita upgrade blog kita.

Fitur ShoutOut.
Fitur ShoutOut ini memungkinkan kita untuk mengirim update terbaru dari website kita ke orang yang udah berlangganan dan mendaftar. Kita harus upgrade buat memakai semua fiturnya.

Tampilan setelan
Setelan website.
Selain fitur-fitur diatas, Wix juga menawarkan domain eksklusif yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Tapi sekali lagi, harus upgrade dulu. Hehehe..

Informasi umum.
Di halaman informasi umum ini, kita bisa ganti nama blog dan juga deskripsinya. Kita juga bisa mengunggah logo kalau kita mau.

Tampilan editor
Editor website.
Berbeda sama platform lainnya, Wix punya editor visual yang memungkinkan kita buat mendesain tampilan blog kita sendiri. Cocok banget nih buat kita yang kreatif dan juga yang masih pemula!. Selain itu, buat para expert, ada juga fitur editor berbasis CSS atau kode.

Tampilan blog (output)


Halaman awal.

Halaman pos.

Halaman tentang (profil admin).

Halaman anggota.
Beginilah jadinya tampilan blog gue di Wix. Gak jauh berbeda sama yang ada di editor, ya. Bahkan mirip banget.

Pro dan Kontra

Pro:
  • Tampilan Wix yang mudah dipahami cocok untuk pemula
  • Ada fitur editor visual
  • Bisa nyisipin video di pos blog
  • Punya banyak fitur lainnya (email otomatis, domain, SEO, ShoutOut, dll)
  • Kostumisasi tampil blog yang gak terbatas

Kontra:
  • Semua fitur baru bisa digunakan secara maksimal setelah uprade
  • Agak rumit untuk orang yang baru mencoba blogging (karena terlalu banyak fitur)

Menurut Start Blogging Online , Wix cocok untuk orang yang punya bisnis; orang yang pengen coba desain web tapi belum punya skill yang cukup; dan juga para orang-orang kreatif (fotografer, model, penulis, desainer grafis, dll) yang pengen menunjukkan karyanya.

Psst, ini dia bintang dari gue!

♥♥♥♡♡ 3/5
(Bagus)

Kesimpulan

Bagi kita introver yang suka nge-blog, memang agak memusingkan pas kita harus memilih platform blog. Karena ada banyak pilihan, dan semuanya punya kelebihan masing-masing. Terlebih, semuanya berlomba-lomba buat jadi yang terbaik. Ciri khasnya jugga macem-macem. Ada yang simpel dan juga ada yang agak rumit dan banyak fitur. Tapi, itu semua kembali lagi ke diri kita. Mana yang lebih cocok dan paling nyaman buat digunakan. Dan juga sesuai dengan kebutuhan tentunya. Salam semangat nge-blog! 

Baca Juga

10 komentar

  1. Aku baru tau platform wix ini mbk. Aku kira cma ada blogspot sma WordPress ajaa. Kayanya ciamik ya mbk platform ini, tapi aku stay di blogspot aja deh hehe. Btw, makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.. Wix ini emang bisa dibilang baru. Aku juga lebih suka Wordpress sama Blogger sih.. 😄. Makasih udah berkunjung ya, Mbak.. 😄

      Hapus
  2. Ilmu baru nih Mbak buat saya.. karena saya cuma terlalu nyaman sama Blogspot dan WordPress, ternyata ada platform yang cukup keren...

    Kapan-kapan aku coba main ke Wiz deh..

    Kali aja jodoh.. hehe..

    Thanks for sharing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.. Wix ini cocok banget buat kita yg pengen nyoba ngedesain web tapi masih pemula.. 😄
      Makasih atas kunjungannya, Mbak.. 😄

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, Mbak.. Wix ini mudah banget. Meski harus berbayar biar bias pake semua fiturnyaa.. Hehehe.. 😁

      Hapus
  4. Cobain ah, selama ini cuma main diblogspot aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.. Gak rugi kok nyobaik Wix ini.. Itung2 refreshing juga, buat ngatasin kejenuhan... 😄

      Hapus
  5. Pernah buka wix dan masuk ke dasbornya. Tampilannya menggemaskan semua untuk dicoba :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mbak. Aku sempet bingung waktu milih templatenya.. 😄

      Hapus

Apa yang ada dipikiranmu?. Yuk, sharing bareng!. Komentar yang dikirim akan dimoderasi terlebih dahulu oleh tuan rumah. Silahkan sertakan link blogmu (jika punya). Terima kasih telah berkunjung! ♥